Bukuku Pengalaman Hidupku

Saya ingin berbagi cerita tentang buku-buku yang pernah saya tulis dahulu. Tentang bagian-bagian yang menarik dari buku tersebut. Tentang proses penyusunan yang menawarkan tantangan berbeda. Atau tentang kesan saya terhadap buku tersebut.

Ketika saya bongkar tumpukan buku pribadi saya, ternyata ada sekitar 20-an judul buku yang melibatkan saya sebagai penulis ataupun editor. Saat saya masuk ke Intan Pariwara pada November 2003, produk andalan kami ialah buku pelajaran. Pertama kali masuk saya langsung disodori tugas menyusun buku teks Sosiologi untuk kelas X SMA/MA. Acuannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Ini masa membuktikan komitmen yang pernah saya kemukakan tentang pendidikan saat wawancara kerja. Setiap hari saya bekerja overtime untuk mengejar deadline.  Jam 15.45 bubaran kantor. Saya pulang ke kos untuk istirahat, mandi, sholat, dan makan. Pukul 19.30 saya sudah stand by di kantor meneruskan proyek buku pertama saya. Biasanya pukul 01.00 dini hari saya baru berangkat tidur. Begitulah ritme kerja saya di tahun-tahun awal dulu. Dengan ritme kerja demikian saya dan tim berhasil merampungkan 3 judul buku Sosiologi untuk SMA/MA.

Sesuai dengan perkembangan situasi, Intan Pariwara membuat pula buku-buku pendamping dan pengayaan pelajaran. Tugas menyiapkan naskah jenis ini pun pernah saya lakoni. Salah satu hasilnya ialah buku Selayang Pandang Provinsi Kalimantan Selatan.

Ada banyak informasi menarik yang diperoleh waktu hunting materi. Ada banyak kisah yang dialami saat menyusun buku semacam ini. Inilah yang ingin saya ceritakan nanti. Semoga bisa menumbuhkan kembali semangat saya dan Anda untuk berbagi hikmah.

Tag:, , ,

About Rumah Dzaky

Rumah menjadi tempat yang paling nyaman untuk menanamkan keyakinan, menumbuhkan harapan, dan mengobarkan semangat.

Tinggalkan Balasan

