Menteri Harapkan Anak Indonesia Gemar Menanam Pohon

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengharapkan anak-anak Indonesia membiasakan diri untuk gemar menanam dan memelihara pohon.

“Kebiasaan baik tersebut harus dimulai sejak usia dini,” kata Linda Amalia Sari melalui pesan singkat kepada ANTARA dari Kepulauan Bangka Belitung usai memberi sambutan pada acara Kongres Anak Indonesia Tahun 2010 di Pangkal Pinang, Rabu.

Linda menjelaskan, jumlah anak di Indonesia sekitar 81 juta jiwa, maka jika satu anak mau menanam lima batang pohon saja, maka dalam satu tahun akan tumbuh 405 juta pohon.

“Jumlah tersebut setara dengan 400 kali gerakan menanam sejuta pohon, bila hal ini dapat kita wujudkan berarti kita telah berperan aktif dalam gerakan penyelamatan bumi untuk kehidupan,” katanya.

Menteri menjelaskan, Indonesia dikaruniai lingkungan hidup dan sumberdaya alam yang kaya.

“Oleh sebab itu anak-anak Indonesia harus menjaga lingkungan hidup tersebut agar tidak rusak,” katanya.

Dia menambahkan, gerakan positif seperti itu perlu digelorakan agar waktu dan energi yang dimiliki anak-anak dapat tersalurkan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masa depan dirinya sendiri.

“Di samping itu, anak-anak harus terlibat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang positif, seperti olahraga, melukis, atau pelatihan keterampilan lainnya, sehingga tidak akan mudah dipengaruhi oleh hal-hal sifatnya konsumtif, baik itu yang dilakukan melalui media elektronik, maupun media cetak,” katanya.

Menteri juga mengatakan gerakan gemar menanam pohon sangat sesuai dengan tujuan Kongres Anak Indonesia Tahun 2010 untuk mewujudkan “Anak Indonesia yang sehat, tumbuh dan berkembang, cerdas, ceria, berakhlak mulia, terlindungi, aktif berpartisipasi dan cinta tanah air”.

Iklan

Tag:, ,

About Rumah Dzaky

Rumah menjadi tempat yang paling nyaman untuk menanamkan keyakinan, menumbuhkan harapan, dan mengobarkan semangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: